Anjasmara Bantu Percepatan Vaksinasi di Rawasari

By Al


nusakini.com - Jakarta - Persentase capaian vaksinasi di Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, saat ini sudah 83,03 persen atau masuk kategori zona hijau. Ini tak lepas dari peran Anjasmara di sana.

Tapi ini bukan Anjasmara bintang sinetron lho, namun merupakan singkatan dari strategi yang dijalankan jajaran tiga pilar Kelurahan Rawasari untuk meningkatkan capaian vaksinasi di wilayah mereka.  

"Strategi Anjasmara yakni Antar Jemput Masyarakat dari rumah menuju lokasi vaksin," tutur Lurah Rawasari, Arief Biki

Dia menjelaskan, melalui penerapan program Anjasmara ini pihaknya bersama jajaran tiga selalu siaga dan siap melayani antar jemput penyintas yang sudah bisa divaksin dan warga yang memiliki penyakit penyerta ke lokasi vaksin.

"Dengan Ajasmara, kami berikan layanan maksimal agar warga mau divaksin," ucapnya.

Ia memaparkan, berdasarkan data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) capaian warga yang sudah tervaksin di wilayahnya ada 15.161 atau sekitar 68 persen dari total sasaran 22.034 orang. Sementara hasil pendataan lapangan oleh seluruh ketua RT, diketahui 3.774 warga sudah pindah domisili keluar daerah atau keluar negeri dan meninggal dunia.

"Jadi, setelah dikurangi warga yang sudah tidak berdomisili di Rawasari atau meninggal dunia, persentase capaian vaksinasi mencapai 83.03 persen atau masuk kategori zona hijau," ungkapnya.  

Menurut Arief, saat ini masih ada 3.099 warga yang masih berdomisili di Kelurahan Rawasari dan belum tervaksin. Mereka belum divaksin karena berstatus penyintas atau baru sembuh setelah terpapar COVID 19 dan memiliki komorbit.

"Kami terus gencar melakukan upaya percepatan vaksinasi warga," tandasnya.